Your Goal Need Direction

Apakah Anda seorang penggemar sepak bola? Pernahkah Anda membayangkan apa yang akan dilakukan oleh pemain penyerang, jika tiba-tiba gawang lawan diangkat? Apakah ia dapat fokus menyerang lawannya, atau mungkin karena bingung ia akan berputar-putar tanpa arah. Pernahkah juga Anda melihat tanaman kacang buncis yang tidak diarahkan oleh tongkat, tanaman itu akan menjalar di atas tanah tanpa tujuan. Maukah Anda menaiki kapal yang tidak mempunyai kemudi? Menurut Anda ke mana kapal tersebut akan pergi? Benar, pasti terombang-ambing dan akhirnya hancur menghantam karang. Satu hal yang penting diingat mengenai goals Anda, yaitu harus memiliki tujuan yang spesifik.

Saya mempunyai pengalaman bermain basket secara full team, namun kali ini skornya tidak dihitung, hanya bermain biasa. Kedua tim bermain tanpa seorang pun mencatat skor siapa yang menang. Kedua tim memulai permainan ini dengan antusias yang tinggi namun lambat laun para pemain terlihat tidak serius karena mereka tidak tahu tim siapa yang sedang memimpin. Kami menyadari bahwa tanpa dihitung, kami tidak akan pernah tahu skor yang telah berhasil kami cetak, kami juga tidak pernah tahu apakah kami memimpin atau justru tertinggal. Sebagai hasilnya, kami tidak akan main serius tanpa adanya goals! Antusias yang tidak dibarengi dengan tujuan yang jelas, tidak akan memberikan hasil yang optimal. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda akan tetap bermain tanpa adanya target yang akan dituju? Jika iya, berapa skornya?

Itulah pentingnya goals. Tanpa goals, hidup bukanlah hidup yang sesungguhnya. Tidak ada langkah maju yang tercipta tanpa adanya goals. Tanpa goals, manusia hanya hidup berkeliaran tanpa tahu mau ke mana arah yang dituju. Sebagai akibatnya, mereka tidak akan pergi ke mana-mana, mereka hanya berjalan di tempat.

Memiliki goals berarti Anda merancang masa depan untuk bekerja sesuai pekerjaan yang Anda sukai, menjalani hidup sesuai kehidupan yang Anda inginkan, tinggal di tempat tinggal sesuai dengan yang Anda inginkan, bersahabat dengan orang-orang yang sesuai dengan keinginan Anda, menjadi manusia sejati yang sesuai dengan keinginan Anda. Oleh karena itu, setiap kita harus memiliki goals. Karyawan harus memiliki goals, wiraswasta harus memiliki goals, ibu rumah tangga harus memiliki goals, salesman harus memiliki goals, guru dan dosen harus memiliki goals, orang tua harus memiliki goals, anak harus memiliki goals, atlit harus memiliki goals, pelatih harus memiliki goals, dokter harus memiliki goals, dan semua kita harus memiliki goals.

Tanpa goals yang jelas, spesifik, dan tertulis, kita hanya akan menjalani kekonyolan demi kekonyolan dalam hidup. Apakah menurut Anda Sir Edmud Hillary, sang penakluk Mount Everest menaklukan gunung tertinggi di dunia tersebut dengan tiba-tiba? Andaikan ia berkata, “Saya sedang berjalan-jalan di Nepal dan tiba-tiba saja saya sudah berada di puncak gunung Everest,” konyol bukan? Atau katakanlah para CEO perusahaan ternama, tiba-tiba saja terbangun dari tidurnya dan mendapatkan kursi bergengsi di perusahaan mereka, konyol bukan? Akan lebih konyol lagi jika ada seorang manusia yang ingin mendapatkan suatu pencapaian signifikan tanpa pernah memiliki goals yang jelas, spesifik, dan tertulis.


Sumber: Fight like a tiger, Win like a champion